Penyerahan

Penyerahan Daring

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulisan

Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial adalah wahana pengembangan kajian bidang kesejahteraan sosial dalam kerangka ilmiah akademik serta dalam kerangka pragmatis terapan. Wahana ini terwujud melalui publikasi naskah-naskah ilmiah yang terkait dengan ilmu dan praktik kesejahteraan sosial. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial terbit secara berkala 2 kali dalam setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober.

Untuk dapat dimuat dalam Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, sebuah naskah harus memenuhi kriteria dasar, yaitu harus berkaitan dengan tema atau isu kesejahteraan sosial yang faktual serta harus memenuhi kaidah penulisan ilmiah seperti segala hal yang terkait dengan identifikasi dan analisis masalah sosial beserta intervensi sosialnya. Pendekatan untuk intervensi sosial yang dimaksud mencakup pada tingkat mikro, mezzo dan makro. Selain tema-tema ilmu dan praktik, naskah-naskah yang dapat dimuat, mencakup pula isu-isu wacana pengembangan metodologi dan kurikulum pendidikan kesejahteraan sosial di Indonesia. Naskah yang dikirimkan untuk dimuat, dapat merupakan naskah yang pernah dipresentasikan dalam pertemuan-pertemuan ilmiah sebelumnya, namun belum pernah dipublikasikan di media manapun. Redaksi berhak memberikan perubahan teknis dan substantif dalam rangka memperbaiki naskah yang kurang memenuhi syarat tetapi layak muat. Berikut ini spesifikasi teknis untuk naskah yang dapat di muat dalam Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial:

• Tulisan harus diberikan dalam bentuk hard copy (hasil print out) sebanyak 3 (tiga) eksemplar dan soft copy (dalam bentuk disket atau attachment file dalam email). Paling lambat 1 (satu) bulan sebelum bulan penerbitan.

• Tulisan dibuat dalam format 1 kolom dan margin 2 cm untuk batas atas dan bawah, serta 1½ cm untuk batas kanan dan kiri.

• Font  yang digunakan harus Arial ukuran 11.

• Jumlah halaman tulisan antara 10 – 20 halaman pada kertas A4 dengan spasi   1 ½  atau setara dengan 5.000 – 10.000 kata.

• Kerangka penulisan untuk Hasil Penelitian harus memuat: Pendahuluan, Metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka (minimal 5 kepustakaan). Konseptual harus memuat: Pendahuluan, Pembahasan, Penutup dan Daftar Pustaka (minimal 5 kepustakaan).

• Tulisan harus disertai abstrak dalam Bahasa Inggris (maksimal 200 kata) dan beberapa kata kunci (keywords) yang menunjukkan isu atau tema mendasar yang dibahas dalam tulisan.

• Tabel dan grafik diupayakan dalam jumlah minimal.

• Memberikan identitas lengkap beserta alamat korespondensi (termasuk nomor telepon dan email).

 

 

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:

    1. Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal atas publikasi pertama dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi  Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
    2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
    3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat mengarah pada pertukaran produktif, serta kutipan pekerjaan sebelumnya dan yang lebih besar (Lihat The Effect of Open Access).

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan lain dari jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau kepada pihak lain.

 

Biaya Penulis

Jurnal ini menarik biaya dari biaya penulis berikut ini.

: 0.00 (IDR)

: 0.00 (IDR)