MENAKAR KEBERLANJUTAN PROGRAM KUBE: PELUANG DAN TANTANGAN PROGRAM KUBE DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN PERKOTAAN DI KELURAHAN KEPARAKAN, KECAMATAN MERGANGSAN, KOTA YOGYAKARTA

Eka Zuni Lusi Astuti, Laras Aprilianti

Abstract

Kelompok Usaha Bersama (KUBE) merupakan salah satu program pengentasan kemiskinan dari pemerintah di bawah Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, Kementerian Sosial. Program ini bertujuan untuk memberdayakan kelompok masyarakat miskin melalui pemberian modal usaha sebagai dukungan dalam mengelola Usaha Ekonomi Produktif (UEP). KUBE di Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta merupakan salah satu KUBE di Provinsi DIY yang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Sosial sebagai kandidat KUBE terbaik se-DIY. Ironisnya, dalam kurun waktu 3 tahun pelaksanaan Program KUBE, dari 6 KUBE yang ada, 4 KUBE dapat berkelanjutan sedangkan 2 KUBE mati. Tulisan ini berusaha untuk memahami apa sajakah faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Program KUBE di Kelurahan Keparakan yang berdampak pada keberlanjutan KUBE. Untuk menggali hal tersebut digunakan analisis SWOT untuk menginterpretasikan penyebab KUBE dapat berkelanjutan atau mati. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data-data dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal kelompok berpengaruh besar bagi keberlanjutan KUBE. Empat KUBE berkelanjutan memiliki faktor internal yang kuat. Hal ini tercermin dari tingginya komitmen anggota dalam menjalankan peraturan kelompok. Sebaliknya, faktor internal pada kedua KUBE mati lemah karena anggota tidak menjalankan kesepakatan kelompok. Disamping itu, peran pendamping KUBE dari Dinas Sosial kurang optimal dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh kedua KUBE mati.

Keywords

KUBE; community empowerment for urban areas; SWOT analysis

References

David, F.R.. (2003). Manajemen Strategis: Konsep-Konsep Edisi kesembilan. Diterjemahkan oleh Saroso, K.. New Jersey: Prentice Hall.

Ferrell, O.C. dan Michael D. Hartline. (2005). Marketing Strategy. South Western: Thomson.

Hisyam, M.S. (1998). Analisa SWOT Sebagai Langkah Awal Perencanaan Usaha. Makalah, Jakarta: SEM Institute.

Kotler, Philip T.. dan Gary Armstrong. (2011). Principles of Marketing. London: Pearson Education.

Mardikanto, Totok, dan Poerwoko Soebianto. (2012). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Moleong, Lexy J.. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Qur’an, Amanah Aida. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Pada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Studi Pada KUBE Kaligondang Purbalingga Jawa Tengah. disertasi tidak dipublikasikan. Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana. Institut Agama Islam Purwokerto.

Radja, Aditia Maruli, 2015, Mensos: KUBE Tingkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga, Antara News Sabtu 8 Agustus 2015 diakses dari https://www.antaranews.com/berita/511262/mensoskubetingkatkanpendapatanekonomi-keluarga pada tanggal 19 Mei 2018.

Rofiq, Aunur. (2016). Strategi UKM Hadapi MEA. Okezone Kamis 14 Januari 2016 diakses dari https://economy.okezone.com/read/2016/01/14/320/1288073/strategiukmhadapi-mea pada tangggal 7 Juni 2018.

Sicca, Shintaloka Pradita. (2018). Pemerintah Targetkan Angka Kemiskinan 2018 Sebesar 9,5 Persen. Tirto Selasa 9 Januari 2018 diakses dari https://tirto.id/pemerintahtargetkanangka-kemiskinan-2018-sebesar-95-persencCZ3 pada tanggal 17 Mei 2018.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Edi. (2006). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Sulistiyani, Ambar Teguh. (2004). Kemitraan dan Model-Model Pemberdyaan. Yogyakarta: Gava Media.

Suparjan, dan Hempri Suyatna. (2003). Pengembangan Masyarakat dari Pembangunan sampai Pemberdayaan. Yogyakarta: Aditya Media.

Suyatna, Hempri, Soetomo, dan Eka Zuni Lusi A. (2015). Pembangunan Masyarakat, Yogyakarta: Azzagrafika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.