STRATEGI-STRATEGI PENGGALANGAN DANA PADA ORGANISASI KEMANUSIAAN BERBASIS AGAMA (Studi Deskriptif Penggalangan Dana di Dompet Dhuafa)

Herlin Rahma Fauzia

Abstract

Penelitian ini membahas strategi-strategi penggalangan dana yang dilakukan oleh Yayasan Dompet Dhuafa serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Dompet Dhuafa memiliki strategi penggalangan dana berupa pertama, penggalangan dana retail termasuk diantaranya adalah counter, Gerakan Donasi, Jemput Zakat dan direct mail. Kedua, penggalangan dana dengan kemitraan yaitu menjalin kerjasama dengan perusahaan, lembaga lain serta tokoh masyarakat dan artis. Ketiga, kampanye dengan berbagai macam media komunikasi baik cetak maupun elektronik. Keempat, layanan personal. Penggalangan dana yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa didukung oleh kredibilitas organisasi, sumberdaya manusia yang loyal dan berjiwa kedermawanan sosial, kualitas program, komunikasi yang baik dnegan donatur dan media kampanye yang menarik. Sedangkan hambatannya adalah kesulitan menemukan gagasasan tema, terbatasnya biaya sosialisasi, kurangnya kemauan masyarakat untuk berdonasi, kesulitan mencari karyawan yang berdedikasi tinggi dan kebijakan pemerintah.

This study discuses about strategies of fundraising conducted by Yayasan Dompet Dhuafa with the supports and obstacles. This study used qualitative method and descriptive approach. The result of study show that Dompet Dhuafa have some strategies of fundraising. First, retail fundraising includes counter, Gerakan Donasi, Jemput Zakat and direct mail. Second is partnership with companies, another institutions and public figure. Third is champagne with communication media. Forth is personal services. The fundraising activities are supported by organization credibility, loyal and generous workers, best quality of programs and good relationship with donor. Whereas, the obstacles are getting some difficulties to find ideas, limited cost for socialization, less of motivation from people to donate, organization stagnation and the rules.

Keywords

Fundraising; Strategic of Fundraising; Support of Fundraising; Obstacle of Fundraising

Full Text:

PDF

References

BUKU

Abidin, H. dan Kurniawati. (2004). Galang Dana Ala Media (Strategi Efektif Mengumpulkan Sumbangan Masyarakat. Jakarta: Piramedia.

Abidin, H. dan Rukmini, M. (2004). Kritik & Otokritik LSM Membongkar Kejujuran dan Keterbukaan Lembaga Swadaya Masyarakat Indonesia. Jakarta: Piramedia.

Azra, A. (2003). Berderma untuk Semua: Wacana Dan Praktik Filantropi Islam. Jakarta: Teraju.

Juwaini, A. (2005). Panduan Direct Mail untuk Fundraising (Teknik dan Kiat Sukses Menggalang Dana melalui Surat). Jakarta: Piramedia.

Neuman, W. L. (2003). Social Research Methods Qualitative And Quantitative Approaches Fifth Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Norton, M. (2002). Menggalang Dana: Penuntun bagi LSM dan Organisasi Sukarela di Negara-negara Selatan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sanyoto, S. E. (2006). Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta: Dimensi Press.

Utama, A. C. (2006). LSM vs LAZ (Bermitra atau Berkompetisi?). Jakarta: Piramedia.

Winarno, E. (2007). Pengkajian Model Penggalangan Dana Sosial Masyarakat. Yogyakarta: Departemen Sosial RI Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial.

Young, Joyce, Ken W. & John S. (2007). Menggalang Dana untuk Organisasi Nirlaba. Jakarta: PT. INA PUBLIKATAMA.

LAPORAN PENELITIAN

Apriyeni, I. R. (2007). Strategi Penggalangan Dana Zakat (Studi Deskriptif Penggalangan Dana pada PKPU Periode 2005-2006). Skripsi. FISIP UI.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Vol 10 No 1-April 2010 , 57.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.