PENERAPAN SISTEM ATTACHMENT PADA ANAK MELALUI GAWAI

Dwi Amalia Chandra Sekar, Aqilatul Layyinah

Abstract

Kelekatan (Attachment) antara ibu dan anak merupakan ikatan afeksi yang penting dipertahankan dalam suatu keluarga. Bagi ibu yang bekerja, gawai merupakan salah satu solusi dalam mempertahankan kelekatan dengan anaknya.Penelitian  ini bertujuan untuk menggambarkan sistem attachment pada anak usia 2 – 3 tahun melalui gawai serta penerapan sistem attachment guna memenuhi tugas perkembangan pada anak. Artikel disusun berdasarkan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.  Meskipun sistem attachment yang dibangun sudah beradaptasi dengan penggunaan gawai, tetapi ibu yang bekerja senantiasa menjaga kualitas hubungan mereka dengan melakukan interaksi bersama anak saat berada di rumah. Sistem attachment dapat digunakan untuk membantu terpenuhinya tugas perkembangan anak sesuai dengan usia mereka. Sebab dalam pelaksanaannya, pemenuhan tugas perkembangan anak melibatkan seluruh pihak yang berinteraksi dengan lingkungan anak baik secara langsung maupun tidak langsung. Apabila siklus interaksi ini terjadi secara berulang dan terus-menerus dilakukan oleh orang tua untuk menjawab kebutuhan anak, maka hak anak dapat terpenuhi. Jika hak anak dan kebutuhan dalam menunjang tugas perkembangan anak sesuai dengan usianya dapat terpenuhi, maka kesejahteraan anak dapat diwujudkan. Penelitian ini menyarankan agar orang tua yang bekerja meningkatkan kesadaran untuk senantiasa mengatur penggunaan gawai, mengenalkan digital literacy pada anak, mengawasi dan mendampingi anak, serta mengatur attachment dengan anak secara langsung di luar jam kerja. 

Keywords

Sistem attachment; anak; orang tua; gawai; hak anak; tugas perkembangan anak; kesejahteraan anak

References

Buku

Ainsworth, M.D.S., Blehar, M.C., Waters, E., & Wall, S. (1978). Patterns of attachment: a psychological study of the strange situation. Hillsdale, NJ: Erlbaum.

Hurlock, Elizabeth.B. (1978). Perkembangan anak (Meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasih, Penerjemah.). Jakarta: Erlangga.

Bowlby, J. (1969). Attachment and loss: attachment (Vol.1). New York: Basic Books.

Bowlby, J. (1973). Attachment and loss: separation (Vol. 2). New York: Basic Books.

Bowlby, J. (1988). A secure base. New York: Basic Books.

Cicchetti, Dante, E. Mark Cummings, Mark T. Greenberg, dan Robert S. Marvin. (1990). In M.T. Greenberg, D. Ciccheti, dan E.M. Cumming (Eds.), Attachment in the preschool year theory,

research, and intervention. Chicago dan London: The University of Chicago Press.

D’ Andrade. R, (2008). A study of personal and cultural values american, japanese, vietnamese.

United States: Palgrave Macmillan US.

Handayani, A., Maulia, D & Yulianti, P.D. (2012). Kinerja dosen berdasarkan konflik kerja, keluarga, dan motivasi berprestasi. In Suwono Widodo, Nur Hidayat, Suyoto, Arisul U. (Eds.), Prosiding Seminar Hasil-Hasil Penelitian. Semarang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. IKIP PGRI Semarang

Harms, Louise. (2010). Understanding human development a multidimentional approach 2nd

edition. Australia: Oxford University Press.

Hays, Sharon. (1998). The cultural contradictions of motherhood. Amerika: Yale University Press.

Kim, U., Yang, K.S., & Hwang, K. K. (2010). Indigenous and cultural psychology: memahami orang dalam konteksnya. Isu-isu teori dan metodologi. Alih Bahasa: H. P. Soetjipto & S. M. Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kim, U., Park, Y. S., & Koo, J. (2004). Adolescent culture, socialization practices, and educational achievement in Korea: indigenous, psychological and cultural analysis. Korea Journal of Psychological and Social Issue. 10, 177-209.

Neuman, W. L. (2014). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. Boston: Allyn and Bacon

Papalia, D.E., Olds, S.W. & Feldman, R.D. (2007). Human development (10th ed). New York: McGraw-Hill.

Parker, J.G., Rubin, K.H., Price, J.M., DeRosier, E.M., (1995). Human Development. New York: Mc Graw Hill Book Company

Santrock, J. (2009). Life-span development. New York: McGGraw-Hill.

Shaffer, David R. (2009). Social and personality development (6thed). Australia: Cencage Learning.

Jurnal Penelitian

Ainsworth, M.D.S. (1989). Attachment beyond infancy. American Psychologist,44, 709-716.

Buzzanell Patrice M, Rebecca Meisenbach, Robyn Remke, Meina Liu, Venessa Bowers & Cindy Conn. (2005). The Good Working Mother: Managerial Women’s Sensemaking and Feelings About Work–Family Issues. Communication Studies. 56 (3), 261-285.

Dalope, Kristin A. dan Leonard J. Woods. (2018). Digital media use in familie theories and strategies for intervention. Child Adolesec Psychiatric Clin N Am, 27, 145-158. https://doi.org/10.1016/j.chc.2017.11.001

Devi, Lisa. (2015). Proses komunikasi interpersonal ibu yang bekerja dalam pembentukan sikap konatif anak. Jurnal E-Komunikasi Universitas Kristen Petra, 3 (1), 2-4.

Neumann, M. Michelle. (2018). Using tablets and apps to enhance emergent literacy skills in young children. Early Childhood Research Quarterly, 42, 239-246. http://dx.doi.org/10.1016/j.ecresq.2017.10.006

Moretti M.M & Peled, M. (2004). Adolescent-parent attachment: bonds that support healthy development. Pediatric & Child Health, 9 (8), 551-555.

Pai, H. C., Lee, S., & Tsao, L. I. (2004). An exploration of the mother-child relationship between climacteric mothers and their adolescent daughters. Journal of Nursing Research, 12 (4), 267-273

Maternal Sensitivity , Infant Attachment and Temperament in Early Childhood Predict Adjustment in Middle Childhood: The Case of Adopted Children and Their Biologically Unrelated Parents . Journal of Developmental Psychology Volume 33 No 5 806-821. American Psychological Association Inc Sutcliffe, J., (2002)

Rizky, Julian & Meilanny.B.S. (2018). Faktor pendorong ibu bekerja sebagai K3L Unpad. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 5 (2), 158-164

Skripsi/Tugas Akhir

Wahyu, Asri Widi Astuti. (2012). Peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga (suatu kajian pemenuhan kebutuhan pendidikan anak pada 5 ibu pedagang jambu biji di desa bejen kecamatan bejen kabupaten temanggung (skripsi). Universitas Negeri Semarang

Dokumen Lembaga

Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1979 Tentang Kesejahteraan Anak.

Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.